Selasa, 20 Oktober 2015

RESUME SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BAB 17-SISTEM INFORMASI PEMASARAN



RESUME SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
BAB 17-SISTEM INFORMASI PEMASARAN
(Referensi : ( Management Information Systems eight edition, oleh   Raymond McLeod, Jr.  dan George Schell, ArthuStonehilldan Michael H. Moffett.)
Disusunoleh :
RISTHI SAGITA ANWAR
47213825
3DA01
    SISTEM INFORMASI MANAJEMEN#

Pemasaranmenurutpemasardalamartiluasyaitu“ terdiridarikegiatanperorangandanorganisasi yang memudahkandanmempercepathubunganpertukaran yang memuaskandalamlingkungan yang dinamismelaluipenciptaan, pendistribusian, promosidanpenentuanhargabarang, jasadangagasan “
Strategipemasaranterdiridaricampuranunsur-unsuryang dinamakanBauranPemasaran( marketing mix ), yaitu : produk ( product ), promosi ( promotion ), tempat ( place) danharga (price), semuaitudikenaldenganistilah “ 4P
DefinisidariSistemInformasiManajemen( marketing information system ) atauMKIS sebagaisuatu system berbasis computer yang bekerjasamadengan system informasifungsional lain untukmendukungmanajemenperusahaandalammenyelesaikanmasalah yang berhubungandenganpemasaranprodukperusahaan.

EVOLUSI KONSEP SISTEM INFORMASI PEMASARAN
Padatahun 1966 prof.PhillipKoylerdari  Northwestern University mengidentifikasikantigajenisinformasipemasaran yang digambarkanpadagambarberikut.

·         Intelijenpemasaran—Informasi yang mengalirkeperusahaandarilingkungan
·         Informasipemasaran Intern—Informasi yang dikumpulkandidalamperusahaan
·         Komunikasipemasaran—Informasi yang mengalirkeluardariperusahaankelingkungan

 Model Awal Pemasaran
Selamaperiode 1967-1974, tidakkurangdarilima model MKISdijelaskandalam literature. Berikutparapembuat model tsb :
1.      Brien dan Stafford, merupakanbagiandaripembuat model pertama, denganmenjelaskanrancanganmerekapada 4P danmengembangkan program pemasaranstrategis.
2.      King dan Cleland, menekankanperencanaanstrategis.
3.      Kotler, Montgomery, dan Urban, sertaCrissydan Mossman, Menekankandukungankeputusan.

MODEL SISTEM INFORMASI PEMASARAN
Model untuksisteminformasipemasarandiperlihatkanpadagambar.modeliniterlihatdarikombinasisubsistem-subsistem input dan output yang dihubungkandengan database.

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjLe998ZX6r5xjt6aSzmEWMaKHJlBhSYuIhcq38spTJmxrOwUn3bvxnmSkRzmDZvguQ1n0CYv8xZThyJBDLp0Sipi7Pj8MpXC3fkmbLHsuu9OmmtYi128oAjnZjYLfobgxsnyZWam4nodB_/s1600/gambar+3.jpg
Subsistem output
          Tiap subsistem output menyediakan informasi tentang subsistem itu sebagai bagian dari bauran Subsistem produk Menyediakan informasi tentang produk perusahaan. Subsistem tempat menyediakan informasi tentang jaringan distribusi  perusahaan. Subsistem promosi menyediakan tentang kegiatan periklanan perusahaan dan penjualan langsung. Subsitem harga membantu manajer membuat keputusan harga. Selain itu, ada subsistem kelima, subsistem bauran terintegrasi yang memungkinkan manajer untuk mengembangkan strategi yang mempertimbangkan dampak gabungan dari unsur unsur tersebut.
Database
Data yang digunakan oleh subsistem output berasal dari database. Beberapa data tersebut adalah unik bagi fungsi pemasaran, tapi banyak yang berbagi dengan area fungsional lain.
Subsistem Input
Sistem informasi akuntansi  mengumpulkan data yang menjelaskan transaksi pemasaran perusahaan. Subsistem intelijen pemasaran mengumpulkan informasi dari lingkungan perusahaan yang berkaitan dengan operasi pemasaran. Subsistem penelitian pemasaran melakukan penelitian khusus mengenai operasi pemasaran untuk tujuan mempelajari kebutuhan konsumen dan meningkatkan efisiensi pemasaran.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar